Selasa, 08 Oktober 2013

PERENCANAAN


DEFINISI PERENCANAAN

Dalam manajemen, perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain seperti pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tak akan dapat berjalan.
Rencana dapat berupa rencana informal atau rencana formal. Rencana informal adalah rencana yang tidak tertulis dan bukan merupakan tujuan bersama anggota suatu organisasi. Sedangkan rencana formal adalah rencana tertulis yang harus dilaksanakan suatu organisasi dalam jangka waktu tertentu. Rencana formal merupakan rencana bersama anggota korporasi, artinya, setiap anggota harus mengetahui dan menjalankan rencana itu. Rencana formal dibuat untuk mengurangi ambiguitas dan menciptakan kesepahaman tentang apa yang harus dilakukan.
Selain itu perencanaan adalah suatu kegiatan atau proses penganalisisan dan pemahaman sistem, penyusunan konsep dan kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan-tujuan demi masa depan yang baik.
Perencanaan atau rencana (plan) itu merupakan inti dari kegiatan manajemen, dan perencanaan memiliki banyak macam yaitu :
1.      Perencanaan dilihat dari jangka waktu berlakunya rencana
a.       Rencana Jangka Panjang (long term planning) adalah perencanaan yang berlaku antara 10-25 tahun.
b.      Rencana Jangka Menengah (medium range planning) adalah perencanaan yang berlaku antara 5-7 tahun.
c.       Rencana Jangka Pendek (short range planning) adalah perencanaan umumnya berlaku hanya untuk 1 tahun.
2.      Perencanaan dilihat dari tingkatannya
a.       Rencana Induk (masterplan), adalah perencanaan yang menitik beratkan uraian kebijakan organisasi. Rencana ini mempunyai tujuan jangka panjang dan mempunyai ruang lingkup yang luas.
b.      Rencana Operasional (operational planning) adalah perencanaan yang lebih menitik beratkan pada pedoman atau petunjuk dalam melaksanakan suatu program.
c.       Rencana Harian (day to day planning) adalah perencanaan harian yang bersifat rutin.
3.      Perencanaan ditinjau dari ruang lingkupnya
a.       Rencana Strategis (strategic planning) adalah perencanaan yang berisikan uraian tentang kebijakan tujuan jangka panjang dan waktu pelaksanaan yang lama. Model perencanaan ini sulit untuk dirubah.
b.      Rencana Taktis (tatical planning) adalah rencana yang berisi uraian yang bersifat jangka pendek, mudah menyesuaikan kegiatan-kegiatannya, asalkan tujuan tidak berubah.
c.       Rencana menyeluruh (comprehensive planning) ialah rencana yang mengandung uraian secara menyeluruh dan lengkap.
d.      Rencana Terintegrasi (integrated planning) ialah rencana yang mengandung uraian yang menyeluruh bersifat terpadu.


MANFAAT PERENCANAAN

Manfaat perencanaan antara lain:
1.     Standar pelaksanaan dan pengawasan
2.     Pemilihan berbagai alternatif terbaik
3.     Penyusunan skala prioritas, baik sasaran maupun kegiatan
4.     Menghemat pemanfaatan sumber daya organisasi
5.     Membantu manajer menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan
6.     Alat memudahkan dalam berkoordinasi dengan pihak terkait
7.     Alat meminimalkan pekerjaan yang tidak pasti
8.     Mengarah pada tindakan yang bertujuan.
9.     Menghindari kesalahan atau risiko.
10.   Memungkinkan pendelegasian tugas (kekuasaan).
11.   Memungkinkan koordinasi.
12.   Metode yang digunakan bisa lebih baik.
13.   Bisa berhemat atau ekonomis dana.
14.   Bisa menghemat tenaga manajemen.
15.   Sebagai dasar untuk pengendalian.

JENIS PERENCANAAN DALAM ORGANISASI

Perencanaan dapat dibagi menjadi dua yaitu :
Perencanaan Strategis
Perencanaan strategis adalah perencanaan jangka panjang yang dipusatkan pada organisasi secara keseluruhan. Jangka panjang didefinisikan sebagai periode wantu antara 3 sampai 5 tahun kedepan. Perncanaan jangka panjang wirausahawan adalah mencoba menentukan apa yang dilakukan oleh organisasi agar berhasil dalam kurun waktu 3 sampai 5 tahun mendatang.
Perencanaan Taktis
Perencanaan taktis adalah perencanaan jangka pendek yang menekankan pada operasi berbagai bagian organisasi yang sedang berjalan. Jangka pendek adalah kurun waktu kedepan yang berkisar satu tahun atau kurang. Wirausahawan menggunakan perencanaan taktis untuk menguraikan apa yang harus dilakukan oleh berbagai bagian dari organisasi untuk mencapai keberhasilan pada jangka waktu satu tahun kurang.

Sumber :

Soekidjo Nototmodjo, 2003, Ilmu Kesehatan Masyarakat (Prinsip-Prinsip Dasar), Cetakan Kedua, Rineka Cipta, Jakarta.-See more at: http://www.edukasiana.net/2013/03/pengertian-perencanaan-dan-macam.html#sthash.tlF8Fexn.dpuf




elearning.gunadarma.ac.id/.../bab10-perencanaan_dalam_organisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar