Minggu, 22 April 2012

Black Swan


Black Swan menceritakan tentang Nina (Natalie Portman) seorang Balerina hebat dan sangat ambisius di New York City Ballet, yang mengabdikan seluruh hidupnya hanya untuk menari. Di saat teman-temannya mulai menunjukan kualitas yang melebihi standar, membuat dirinya semakin bekerja keras untuk tampil lebih baik.

Saat Direktur Artistik, Leroy (Cassel) mengumumkan bahwa dia akan mengadakan sebuah pertunjukan Ballet yang berjudul Swan Lake, tetapi ballerina ballerina utama, Beth Macintye (ryder)  akan pensiun, karenanya Leroy mencari kandidat baru untuk menjadi pemeran utama dalam produksi Swan Lakenya. Akan tetapi dalam Swan Lake sang ballerina harus bisa memainkan kedua peran sebagai The White Swan (karakteristik yang polos) dan The Black Swan (karakteristik yang licik). Dalam Produksi Swan Lake, Nina merupakan kandidat utamanya. Nina sangat sempurna saat memainkan peran The White Swan, namun tidak untuk The Black Swan. Peran ini lebih natural saat dimainkan oleh seorang penari pendatang baru, Lily (Kunis). Akibat adanya persaingan ini Nina berusaha untuk mempertahankan karakteristik The White Swan sambil mencoba menemukan sisi gelap dalam dirinya untuk berperan menjadi The Black Swan. Tekanan-tekanan inilah yang mulai mempengaruhi mental Nina, dia mendadak menjadi paranoid, mengalami halusinasi dan menjadi gelisah dan bingung akan kehidupannya.
Diamping itu ibunda Nina yang juga mantan sorang penari Ballet professional menginginkan Nina masuk dan berhasil di dunia Ballet, namun ketika di mengetahui bahwa peran The Black Swan sangat mempengaruhi diri Nina sendiri, ibunda Nina meminta Nina agar tidak mengambil peran tersebut, tetapi Nina menolak dan terus berusaha untuk mendapatkan peran itu walaupun harus melukai ibundanya sendiri.
Ulasan film Black Swan dalam majalah Cinemags ini Natalie Portman yang sebenarnya adalah lulusan psikologi di universitas terkemuka di New York dan berperan sebagai Nina dalam film ini mengatakan bahwa karakter Nina ini sebenarnya mengalami gangguan psikologis Obsesive Compulsive dimana Nina sangat ambisius untuk berperan menjadi The Black Swan dan The White Swan sehingga ia sering mengalami kecemasan dan halusinasi akan kehidupannya di dunia Ballet. Ke-perfeksionis-an Nina ini membuat sang ibu sangat khawatir akan tingkah laku anaknya yang semakin menggila setiap harinya.
Pada akhirnya Nina berhasil memerankan The White Swan dan The Black Swan pada pertunjukan Swan Lakenya yang memukau walaupun dia harus mati akibat halusinasi yang dia rasakan.

2 komentar:

  1. Hei kamu, karena kamu ini mahasiswa Gunadarma, tolong ya blognya di kasih link UG, seperti www.gunadarma.ac.id, Studentsite studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain karna link link tersebut mempengaruhi kriteria penilaian mata kuliah soft skill

    Selain itu, Yuk ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi Desember 2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori. link http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    Oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan BAAK, maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian...untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS, silahkan kunjungi link ini http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    Thank You :)

    BalasHapus
  2. oke, terima kasih atas info nya :)

    BalasHapus