Senin, 25 Oktober 2010

cara, sarana, jenis hubungan dan perangkat untuk terhubung ke internet

Berbagai Cara Terhubung ke Internet

Internet adalah jaringan komputer global, artinya merupakan jaringan komputer skala luas yang titik-titik atau node-nya (atau ‘anggota’-nya) berupa komputer maupun jaringan komputer. Terhubung ke Internet artinya tersambung ke jaringan global tersebut. Saat ini terdapat berbagai cara agar sebuah komputer (atau jaringan komputer) terhubung ke Internet. Koneksi secara fisik: kabel atau nirkabel? Apa saja pilihan bagi koneksi fisik – kabel atau nirkabel – agar bisa terhubung ke internet? Hampir semuanya tergantung pada tempat dimana anda tinggal. Daerah kota atau pinggir kota tentu menawarkan koneksi broadband yang lebih banyak dibandingkan area pedesaan. Ada beberapa macam koneksi yang dapat digunakan, yaitu:

(1) modem (dial-up) telepon

(2) kabel telepon berkecepatan tinggi – ISDN, DSL dan TI

(3) modem kabel

(4) nirkabel – satelit dan jalur “udara” lain.

Cara-cara terhubung ke Internet antara lain adalah:

  • Melalui telepon kabel, bisa mengakses Internet secara dial-up, sewa jaringan (leased line), atau menggunakan layanan transmisi digital menggunakan modem DSL (Digital Subscriber Line).
  • Melalui telepon nirkabel, baik yang berteknologi GSM (Global System for Mobile Communications) maupun berteknologi CDMA (Code Division Multiple Access).
  • Melalui televisi kabel atau televisi berlangganan.
  • Melalui gelombang mikro.
  • Melalui layanan wireless access point.

Syarat Terhubung Ke Internet

1. Dukungan hardware (perangkat kerang computer)

a. CPU atau disebut juga dengan processor, minimal Pentium I yang mempunyai prekuensi 100 MHz disarankan lebih tinggi lebih baik, dan apa bila lebih rendah maka itu berpengaruh pada proses kerja komputer akan lambat.

b. RAM (random acces memory) atau disebut juga memori, minimal menggunakan 16 MB tetapi bagus nya lagi 32 MB dan disarankan 64 MB, bila lebih tinggi maka lebih bagus untuk kerjanya komputer akan lebih cepat lagi.

c. Hard disk, sebagai tempat menyimpan program-program komputer baik itu program system, aplikasi, browser atau program pendukung dalam internet. Hard disk minimal 800 MB lebih tinggi lagi lebih baik.

d. VGA (Video Grafik Array) yang berfungsi untuk memberikan tampilan ke layar, vga minimal 1 MB tetapi lebih tinggi lebih baik, apa lagi bila ada tampilan yang memerlukan resolusi tinggi misalkan 64 MB atau 128 MB.

e. Sound Card, yang berfungsi untuk menampilkan data berbentuk suara ke dalam speaker, karena bila kita menampilkan mp3 atau film atau tampilan lainnya dalam internet bisa kita langsung didengarkan suaranya.

f. Monitor, minimal 14 inci lebih besar lebih bagus akan memberikan keleluasaan kita dalam melakukan editing (penyuntingan).

g. Modem (modulasi demodulator), yang berfungsi untuk merubah sinyal digital kesinyal analog dan sebaliknya untuk merubah dari sinyal analog ke sinyal digital. Modem dibagi menjadi dua macam, ada modem Internal dan ada modem eksternal.

h. Telepon, Modem memerlukan telepon untuk melakukan tugasnya. Proses pada saat modem terhubung dengan telepon dan anda memulai hubungan dengan Internet Service Provider. Karena modem dan telepon berkaitan erat, kecepatan modem juga sangat berpengaruh terhadap rekening telepon yang harus anda bayar setiap bulan. Sehingga, modem yang cepat akan lebih menghemat uang daripada modem yang lambat. Jadi dengan telepon inilah yang akan menghubungkan antara semua komputer dalam jaringan global yang disebut dengan internet.

2. Dukungan software

Perangkat lunak merupakan program-program komputer yang dapat mengoperasikan dan memaksimalkan kerjanya komputer. Ada beberapa program yang diperlukan diantaranya:

* Program Sistem,

Merupakan system operasi dalam komputer yang dapat mengaktifkan dan mendeteksi semua perangkat-perangkat yang terhubung dalam komputer baik hardware maupun software. Sistem operasi yang dapat digunakan untuk internet diantaranya Windows 95, Windows 98, Windows ME, Windows 2000, Windows NT, Windows 2003, Windows Xp, Windows Vista, Linux, Unix, Macintos.

* Program Aplikasi,

misalnya software grafis contoh Corel Drow, Photo Editor, Adobe Photoshop, dan lain-lain. Software Multimedia misalkan animasi contoh flash, audio, musik, musik dan video. Software pengolah kata dan pengolah angka, software database, dan software penerbit (Desktop Publising) contoh scribus* Program Browser, program inilah yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan internet dan yang dapat membuka halaman-halaman web dalam internet. Browser disebut juga web browser. Contoh program browser adalah: Internet Explorer, Mozilla, Netscape Navigator, Opera, Linx, Mosaic dan lain-lain.

* Program AntiVirus, ini berfungsi untuk mencegah dan meminimalisir masuknya virus kedalam komputer kita dan sekaligus membersihkan virus dalam komputer kita. Contoh program antivirus antara lain Symantec Norton Antivirus, Kaspersky Antivirus, Panda Antivirus, dll.

* Cute FTP, Go! Zilla, dan WSFtp adalah software khusus untuk mentransfer file.

* Program E-mail, adalah program yang difungsikan untuk menerima dan mengirim e-mail yang ada dalam internet. Diantaranya gmail,internet mail, Outlook Express, Netscape Mail. Pine, Eudora, Pegasus, Mutt, dll.

* Program Chatting, adalah program untuk berkomunikasi dalam internet bisa melalui tulisan atau bisa juga dengan suara bahkan bisa langsung kelihatan gambarnya atau avatar kita dalam program tersebut. Contoh program yang banyak digunakan mIRC, Yahoo Messenger, ICQ, AOL, MSN Messenger, NetChat, Jember Messenger, Message Pall, Odigo, EWZY, Wuwu, dll.

* ISP (Internet Service Provider),

Internet Service Provider adalah perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan kepada anda untuk berhubungan dengan internet. Untuk mengakses anda cukup menghubungi Internet Service Provider melalui komputer dan modem, selanjutnya Internet Service Provider akan mengurus detail-detail yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet, termasuk biaya SLJJ koneksi tersebut. Contoh ISP yang ada di Indonesia: Radnet, PT Telkom, Meganet, PT Pos Indonesia (wasantara), Indosat net, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar